Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali menggandeng PT Trakindo Utama sebagai mitra kerja industri yang langsung merekrut lulusan PNUP. Kali ini sebanyak 15 mahasiswa program studi teknik otomotif konsentrasi teknik alat berat PNUP melakukan penandatanganan kontrak kerja dengan PT Trakindo Utama sebagai pertanda bahwa mereka resmi direkrut oleh perusahaan yang bergerak di bidang alat berat itu. Penandatanganan kontrak kerja 15 mahasiswa PNUP dengan PT Trakindo Utama berlangsung di Kampus I PNUP (Kamis, 25/10) yang dihadiri langsung Direktur dan para pejabat PNUP, Branch Manager PT Trakindo Utama Makassar beserta manajemen lainnya.

 

”Kerjasama yang PNUP kembangkan dengan PT Trakindo Utama dilakukan dengan harapan agar para lulusan yang menekuni teknik alat berat dapat dipersiapkan bekerja di industri alat berat atau industri yang relevan menggunakan alat berat baik di tingkat nasional maupun internasional karena seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern kebutuhan penggunaan alat berat semakin meningkat,“ demikian disampaikan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S. Ditambahkan lagi oleh Direktur PNUP, kerja sama ini sangat membantu para mahasiswa yang tertarik memilih konsentrasi teknik alat berat karena secara langsung sudah terdapat wadah untuk langsung menerapkan ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah.

Dijelaskan juga oleh Ahmad Rijaluddin selaku Branch Manager PT Trakindo Utama Makassar bahwa kerja sama yang dibangun dengan PNUP sebagai salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ahli di bidang alat berat. Pihaknya sengaja memilih PNUP untuk diajak bekerja sama dalam hal pengembangan teknik alat berat karena sejalan dengan tujuan PNUP sebagai perguruan tinggi yang berbasis pada keahlian terapan di mana para mahasiswa memang sengaja disiapkan untuk terjun langsung ke dunia kerja begitu lulus kuliah. PT Trakindo Utama tidak meragukan lagi kemampuan dan keahlian 15 mahasiswa PNUP yang direkrut karena mereka telah dibekali dengan sejumlah keahlian kompetensi alat berat yang dibuktikan melalui sertifikat keahlian sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Mahasiswa PNUP yang langsung direkrut bekerja oleh PT Trakindo Utama merupakan mahasiswa angkatan 2015. Mereka menyelesaikan pendidikan teknik alat berat melalui jenjang Diploma 3 (D3). Saat menandatangani kontrak kerja mereka baru saja diwisuda pada Sabtu, (20/10) dan berhak mendapatkan gelar ahli madya terapan. Setelah penandatanganan kontrak, mereka langsung bertugas di cabang-cabang PT Trakindo Utama yang telah ditentukan sesuai kontrak kerja.

Sources: https://www.poliupg.ac.id/berita/read/2018/10/25/313/15-mahasiswa-alat-berat-pnup-direkrut-trakindo-usai-wisuda