Kerjasama

On Job Training (OJT) 2019

Dalam perjalanan menjadi mahasiswa semester V di Politeknik NEgeri Ujung Pandang, OJT atau magang industri merupakan salah satu syarat yang wajib ditempuh bagi mahasiswa yang sedang menuju semester akhir. oleh karena itu manfaat yang didapatkan dari magang pastinya sangatlah banyak.

Kegiatan OJT atau magang industri telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. OJT atau magang industri yang dimaksud sebagai sistem pelatihan atau praktek kerja yang dlakukan secara sistematis. Pelatihan dilakukan didalam perusahaan dibawah bimbingan dan pengawasan pembimbing atau pekerja yg lebih berpengalaman dalam profesi yang dijalani.

Adapun beberapa manfaat OJT di Industri atara lain:

  • Menambah pengalaman, dalam proses OJT mahasiswa secara langsung dibimbing oleh pembimbing dari karyawan yang berpengalaman di bidangnya dan dari sana mahasiwa belajar tentang pekerjaan yang dijalani, dari sudut pandang yang baru hingga suasana yang belum pernah dirasakan.
  • Memperoleh pemahaman tentang profesi yang dijalani, mahasiswa OJT juga belajar langsung dari akhli dengan latar belakang yang berbeda-beda, dari sanalah mahasiswa belajar banyak pengalaman mulai dari keahlian sampai dengan kerja kelompok.
  • Menumbuhkan rasa percaya diri, Untuk mempresentasikan pekerjaan membutuhkan rasa percaya diri yang besar, dalam kegiatan OJT ini mahasiswa dilatih untuk dapat menunjukkan percaya diri. Percaya diri sangat membantu peserta untuk dalat berkembang dan menjadi Profesional.
  • Memperluas koneksi pekerjaan, Mahasiswa OJT pasti diharuskan untuk bekerja kelompok dan mampu berkomunikasidengan rekan erja, komunikasi tersebut guna memberikan informasi dan kejelasan pekerjaan yang akan dilaukan maupun diberikan. Dengan membangun hubungan antara rekan kerja atau perusahaan, peserta dapat memperbesar rekomendasi atau membuka jalur pekerjaan yang baru dimasa depan.
  • Merasakan suka dan duka dunia kerja, Diawal masuk OJT mahasiswa pastinya akan ada rasa kaget dengan kesibukan dan tekanan dunia kerja, dari sana mahasiswa jadi mengerti bagaimana dunia kerja yang sebenarnya, suka dan duka seperti deadline unit akan segera di relise. Pengalaman OJT juga menumbuhkan sisi kedewasaan mahasiswa dalam masa transisi dari remaja ke dewasa, kewajiban dan tekanan pekerjaan menjadi alat untuk mahasiswa agar dapat tahan banting di dunia kerja.
  • Memiliki Nilai lebih setelah melakukan OJT, Setelah OJT mahasiswa yang telah melakukan magang tentunya akan merasa lebih berpengalaman, rasa puas dan bangga akan dirasakan oleh mahasiswa dan dapat menjadikan suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa yang telah OJT. Rasa bangga juga akan meningkat rasa percaya diri untuk mampu bertanding di industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *