Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999   pada Bab III pasal 5 ayat (3) dan pasal 6 ayat (3) yang menyatakan bahwa pendidikan Politeknik melaksanakan pendidikan DIII dan SI Terapan. Selain itu statuta Politeknik Negeri Ujung Pandang yang disahkan oleh Menteri Pendidikan Nasional tahun 2004 No.113/O/2004  pada Bab IV pasal 13 ayat (1) dan (4) yang menyatakan sebagai berikut:

  • Ayat (1) Politeknik Negeri Ujung Pandang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang ilmu pengetahuan dan keterampilan khusus, penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat.
  • Ayat (4) Pendidikan vokasi sebagaimana dimaksud pada ayat 1 terdiri dari program diploma I, diploma II, diploma III, dan Strata I Terapan.

Dari peraturan Menteri Pendidikan  No. 60 Tahun 1999 dan Statuta Politeknik Negeri Ujung Pandang tersebut diatas jelas dapat dikatakan bahwa secara legal formal pendidikan program Strata I Terapan termasuk  salah satu program yang didukung untuk dijalankan pada sistim pendidikan politeknik umumnya dan khususnya pada Politeknik Negeri Ujung Pandang.
Dari peraturan Pemerintah dan statuta Politeknik Negeri Ujung Pandang tersebut di atas jelas dapat dijabarkan bahwa secara legal formal pendidikan program Strata I Terapan termasuk salah satu program yang dapat dijalankan pada sistem pendidikan Politeknik secara umum dan secara khusus pada Politeknik Negeri Ujung Pandang.
Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sebagai salah satu lembaga pendidikan vokasi terbaik yang ada di Kawasan Timur Indonesia diarahkan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing dalam pasar global dengan membangun dan mengembangkan pendidikan berbasis rekayasa dan produksi. Olehnya itu, program pendidikan Strata I Terapan Teknik Mekatronika Jurusan Teknik Mesin, diharapkan menjalin pola kemitraan antara dunia industri dan PNUP.
Politeknik Negeri Ujung Pandang mendapat mandat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Terapan Teknik Mekatronika berdasarkan Surat No. 71/E.E2/DT/2014 tanggal 28 Januari 2014 dan Izin Penyelenggaraan Program Studi S1 Terapan Teknik Mekatronika (SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 101/E/O/2014 tanggal 16 Mei 2014). Setelah melakukan langkah persiapan yang diperlukan baik secara administratif maupun akademik, maka mulai Tahun Akademik 2014/2015 Program Studi S1 Terapan Teknik Mekatronika Jurusan Teknik Mesin telah menerima mahasiswa baru sebanyak 26 orang.