Sesuai dengan UU No : 2 Tahun 1989 tentang Sistim Pendidikan Nasional dan Kepmen No : 234/U/2000 pasal 1 ayat (8) (Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi). Pendidikan tinggi ”Politeknik Negeri Ujung Pandang” melaksanakan sejumlah bidang pengetahuan khusus yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu, secara umum bertujuan untuk:

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yang berjiwa pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetehuan teknologi dan kesenian (IPTEKS) serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya.
  3. Menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu.

            Penyusunan kurikulum Program S1 Terapan Teknik Mekatronika  dilakukan dengan memperhatikan kubutuhan industri selaku pengguna lulusan dan arah pekembangan teknologi. Kurikulum ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pihak industri dan fleksibel untuk dikembangkan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi sehingga produk yang dihasilkan berupa sumber tenaga manusia lulusan Program S1 Terapan Teknik Mekatronika Polteknik Negeri Ujung Pandang dapat diserap oleh industri. Penajaman keahlian dan pemahaman pada bidang sistem otomasi merupakan fokus dan inti dari penyusunan kurikulum dan silabus pada program ini.

            Disamping itu penyusunan Kurikulum Program S1 Terapan Teknik Mekatronika Politeknik Negeri Ujung Pandang juga berpedoman pada SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi dan SK Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 232/U/2002 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Kurikulum Program S1 Terapan Teknik Mekatronika  Politeknik Negeri Ujung Pandang yang menjadi dasar penyelenggaraan program studi terdiri dari : 

  1. Kurikulum inti
  2. Kurikulum Institusional

            Kurikulum inti dikembangkan secara nasional dengan mempertimbangkan pokok–pokok yang menjadi ciri pendidikan politeknik yaitu:

  1. Kebutuhan industri dalam ketenagakerjaan yang profesional dalam bidang rekayasa, pertanian dan ekonomi secara nasional.
  2. Prioritas pembangunan Indonesia yang sedang dan akan dilaksanakan dalam sektor rekayasa, pertanian dan ekonomi.
  3. Standar kualitas yang terjamin dan relevan dengan keterampilan terapan yang profesional, sesuai dengan bidang masing-masing.
  4. Konsisten dengan sistem pendidikan nasional dan sistem pendidikan tinggi.

Berdasarkan hal di atas maka dalam menentukan kurilulum tersebut telah ditetapkan 5 (lima) kelompok mata kuliah program studi ini  sebagai berikut :

  1. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK).
  2. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK).
  3. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB).
  4. Kelompok Mata Kulah Prilaku Berkarya (MPB).
  5. Kelompok Mata Kulah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).