Mekatronika adalah sinergis IPTEK teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika dan teknik pengaturan (atau teknik kendali) untuk merancang, membuat,  mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan (hasil Musyawarah Nasional Komunitas Mekatronika Indonesia di Bandung 28 Juli 2006). Sistem mekatronika dan kontrol automatik adalah bagian yang terintegrasi pada kehidupan masyarakat modern. Sistem ini telah menjadi bagian yang vital dan terpadu dari proses-proses dalam pabrik dan industri modern. Misalnya, kontrol numerik dari mesin-mesin dan alat-alat bantu di industri manufaktur (mekatronika dan robotika manufaktur).  Demikian juga pada kontrol operasi-operasi industri seperti pengontrolan tekanan, suhu, kelembaban, viskositas, laju aliran (flow) dan ketinggian fluida (level) dalam industri-industri proses.
Kemajuan dalam teori dan praktek sistem mekatronika dan kontrol automatik memberikan kemudahan dalam memperoleh performansi yang baik dari sistem dinamik, mempertinggi kualitas produksi, menurunkan biaya produksi dan mempertinggi laju produksi. Sistem ini juga meminimalkan pekerjaan-pekerjaan rutin yang biasa dilakukan oleh manusia, yang butuh ketelitian tinggi namun menjemukan. Industri yang dikontrol secara automatik juga memiliki kemampuan dalam mengkompensasi gangguan-gangguan (noises dan disturbance) sehingga tidak mengganggu proses produksi. Untuk dapat meraih manfaat-manfaat tersebut di atas maka industri sangat membutuhkan sumber daya manusia di bidang teknik mekatronika dan sistem otomasi.
Untuk memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang teknik mekatronika dan sistem otomasi, serta atas mandat dari Direktur Jenderal  Pendidikan Tinggi maka mulai tahun ajaran 2014/2015 Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) membuka program studi Teknik Mekatronika.