PNUP launching Magister (S2) Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur (MTRTM) pertama diluar pulau Jawa. Magister Terapan adalah program studi vokasi setingkat magister yang bisa ditempuh setelah Lulus S1/D4. Prodi MTRTM sendiri baru dibuka di Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Malang.

Acara launching pendaftaran prodi MTRTM dirangkaikan dengan Rapat Kerja Tahunan (RKT)  Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang  pada tanggal 24 – 25/1/2022 di Kampus 1 Politeknik Negeri Ujung Pandang. RKT tersebut untuk membahas pelaksanaan kegiatan Tahun Anggaran 2023  yang dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin Rusdi Nur, S.St., M.T., Ph.D.

Hadir membuka RKT pada hari pertama (24/01/2022) Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang Prof. Dr. Ir. Muhammad Ansar M.Si. Pada hari pertama juga pembagian 3 komisi untuk membahas program kerja pada Tahun Anggaran 2023. Adapun 3 komisi tersebut adalah Komisi A membahas pembelajaran, kemahasiswaan, dan Alumni, komisi B membahas tata kelola, kelembagan, dan sumberdaya dan Komisi C membahas perencanaan, kerjasama, dan sistem informasi.

Pada hari kedua (25/01/2022) pelaksanan rapat pleno membahas program kerja yang telah disusun oleh masing-masing komisi pada hari pertama. Dosen dan staf yang menjadi peserta rapat antusias memberikan pertanyaan dan masukan pada saat rapat pleno.

Pada akhir acara yang sekaligus penutupan, Wakil Direktur 1, Ahmad Zubair Sultan, S.St., M.T., Ph.D, melaunching pembukaan Pendaftaran Magister Terapan Rekasaya Teknologi Manufaktur (MTRTM) Jurusan Teknik Mesin mulai 24/01/2022 sd 26/02/2022.

Beliau menyampaikan bahwa izin penyelenggaraan prodi S2 Terapan pertama di PNUP tersebut telah terbit dan sudah ada di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Dikti sehingga tidak ada lagi kendala untuk menerima mahasiswa baru pada semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 yang akan dilaksanakan mulai 14/03/2022 di PNUP.

Prodi MTRTM ini selain S2 Terapan pertama di PNUP juga merupakan S2 Terapan pertama di luar pulau Jawa dalam bidang Manufaktur. MTRTM Jurusan Teknik Mesin ini diharapkan mampu mendukung kebangkitan manufaktur di Indonesia tengah dan timur.

Ada 3 bidang keahlian yang ditawarkan diantaranya Desain dan Manufaktur, Metalurgi dan Material, serta Mekatronika dan Kontrol. Masing-masing bidang keahlian sudah memiliki dosen yang bergelar Doktor dan Professor.

Adapun gelar yang akan didapatkan oleh alumni MTRTM Jurusan Teknik Mesin PNUP sesuai dengan Permendikbud No 154 tahun 2014 adalah M.Tr.T. (Magister Terapan Teknik).

Link pendaftaran S-2

https://s.id/PendaftaranMagisterRTM

Leave a Reply

Your email address will not be published.