Pemerintah Swiss melalui proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) mendukung peningkatan kualitas dan kompetensi 14 orang dosen dan instruktur dari 6 politeknik negeri bidang energi terbarukan, khususnya teknologi surya, melalui pelatihan di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) Bandung (31/1-11/2). Pelatihan dua minggu ini mencakup pengetahuan dan keahlian teknis tentang teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), uji kompetensi teknik energi surya dengan skema sertifikasi pemasangan PLTS tipe rooftop, dan kunjungan industri ke PT Surya Energi Indotama dan PT Indonesia Power Saguling. Politeknik percontohan yang ikut serta dalam pelatihan ini antara lain Politeknik Negeri Bali, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Cepu, dan Politeknik Negeri Ambon.

“Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek menyambut baik dukungan Swiss State Secretariat for Economic Affairs SECO untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik vokasi bidang energi terbarukan melalui proyek RESD. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi dan target Pemerintah Indonesia menuju bauran energi sebesar 23% dari energi baru terbarukan pada tahun 2025, diperlukan peningkatan kapasitas tidak hanya dari sisi teknologi saja tetapi dari sisi sumber daya manusia juga. Mengingat program studi Energi Baru Terbarukan (EBT) di tingkat pendidikan tinggi masih terbatas, kami berharap melalui kerja sama proyek RESD ini dapat dikembangkan program spesialisasi D4 EBT satu tahun di 5 politeknik negeri dan dapat diperluas implementasinya di lebih banyak lagi politeknik di Indonesia. Kemendikbud siap mendukung penguatan program D4 spesialisasi energi terbarukan, termasuk riset dosen politeknik di bidang EBT,” tegas Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T., selaku Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek.

Martin Stottele selaku pimpinan pelaksana proyek RESD mengungkapkan bahwa Training of Trainers (TOT) selama dua minggu ini merupakan rangkaian dari seri pelatihan energi terbarukan di bawah kerangka proyek RESD guna membekali pengetahuan dan keterampilan tentang instalasi, pengoperasian, supervisi dan pemeliharaan PLTS. Pemerintah Indonesia dan Swiss bekerja sama untuk meluncurkan program D4 spesialisasi energi terbarukan dengan rencana penyelenggaran kuliah perdana angkatan pertama di bulan September 2022. Calon siswa dapat mendaftarkan diri di lima politeknik, yaitu 4 politeknik di bawah Kemendikbudristek (Politeknik Negeri Bali, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Ujung Pandang) dan PEM Akamigas di bawah Kementerian ESDM.

Ditambahkan lagi bahwa program spesialisasi D4 ini merupakan program alih jenjang, di mana lulusan D3 teknik (teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil) mengambil program 1 tahun (semester 7 dan 8) spesialisasi energi terbarukan dan mendapatkan gelar Sarjana Teknik Terapan Energi Terbarukan. Pelaksanaan proyek diperkuat dengan penyediaan peralatan laboratorium energi terbarukan dan pendampingan dari beberapa lembaga pendidikan di Swiss, yaitu 3 universitas yang termasuk dalam Swiss 2 RESD Universities of Applied Sciences and Arts dan Swiss Federal Institute for Vocational Education untuk memberikan masukan praktik terbaik di bidang vokasi dan kerja sama industri.

Tujuan utama dari proyek RESD adalah menciptakan tenaga kerja yang kompeten di bidang perencanaan, desain, pembangunan dan pemasangan, inspeksi dan commissioning, supervisi, pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik hybrid surya diesel, dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) melalui penciptaan program D4 spesialisasi energi terbarukan satu tahun (semester 7 dan 8) di 5 politeknik di Indonesia, peluncuran program diklat energi terbarukan di 5 lembaga pelatihan kerja dan penguatan pertukaran informasi dan komunikasi di sektor energi terbarukan. Ikut dalam kegiatan ini Dosen Jurusan Teknik Mesin PNUP Prodi Teknik Konversi Energi, Marhatang, S.ST., M.T., dan Muhammad Yusuf Yunus, S.ST., M.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *